Tips Menjadi Seorang Backpacker

Halo semuanya. Salam kenal 🙂 ini pertama kalinya gue mau ngeblog tentang traveling. Siapa sih disini yang gasuka jalan-jalan? Explore suatu kota atau bahkan negara, wisata kuliner, nikmatin sunrise atau sunset, liburan bersama teman, everybody loves it. Namun, ada beberapa masalah yang menghalangi kita untuk traveling, seperti, izin orang tua, waktu yang bentrok sama hari kantor, dan yang sering melanda anak-anak muda ialah budget atau biaya.

Blog ini mau membagi info ke kalian (tanpa ada maksud menggurui) gimana sih caranya liburan hemat tanpa harus merogoh kocek yang banyak. Hmmmm…coba jadi backpacker aja gimana? Dulu, seseorang dapat disebut backpacker bila orang tersebut mendaki gunung dan menggunakan backpack atau ransel. Kini, arti backpacker meluas menjadi setiap orang yang melakukan kegiatan jalan-jalan menggunakan ransel besar. Jalan-jalan ala backpacker seringkali dikaitkan dengan biaya yang relatif murah, dengan mencari harga tiket pesawat promo, lalu pesan hotel murah atau promo, pokonya biaya yang dikeluarkan dipres sekecil mungkin.

austin-ban-986

Source: Unsplash.com

Di bawah ini ada beberapa tips untuk menjadi seorang backpacker:

  • Cari Teman

Kalo kalian punya teman seorang backpacker, teman kalian akan sangat senang kalo kalian ngajuin diri untuk ikut mereka berpetualang. Mereka akan membagi pengetahuan traveling mereka ke kalian, juga ngasih tau tempat-tempat asik buat di explore. Kalian butuh pengalaman dengan orang yang berpengalaman, nilai plusnya orang yg berpengalaman tersebut adalah teman kalian sendiri, jadi kalian gaperlu sungkan atau ngerasa canggung.

Kalo kalian gapunya teman seorang backpacker, kalian bisa ajak teman dekat kalian yang asik diajak jalan. Lalu kalian dapat mencoba ke destinasi-destinasi yang dekat terlebih dahulu, seperti, Jakarta-Jogja atau Semarang-Surabaya. Learning by doing, guys.

  • Backpacker-an kemana yaa?

Pilih destinasi yang kalian ingin jelajahin. Setelah kalian tau mau kemana, jangan lupa cari tau tentang ini ya:

  1. Cari tau tentang kebudayaan destinasi yang kalian pilih. Misalnya, kalo kalian tau tentang Suku Baduy, Suku Baduy Dalam pada waktu tententu menjalankan puasa (Kawalu), orang di luar Suku Baduy dilarang keras memasuki wilayah mereka. Kalo kalian ngga cari tau tentang ini sebelumnya, liburan kalian terancam gatot alias gagal total.
  2. Cari tau tentang tiket paling murah, jadwalin liburan kalian jauh-jauh hari supaya harga tiket masih murah, bahkan promo.
  3. Cari tau siapa teman kalian yang sudah pernah pergi ke destinasi tersebut, korek lebih dalam, apa yang harus dan tidak dilakukan disana.
  4. Estimasi biaya. Mulai dari yang penting bgt sampe yg gapenting mesti kudu wajib kalian catat, apa dan berapa perkiraan harganya.
  • Barang Bawaan

Seorang backpacker mengeluarkan biaya yang lebih sedikit, salah satunya karena faktor mereka membawa barang-barang di bawah ini:

  1. Tenda. Jika kalian bukan ke daerah kota, hal ini sangat penting karena diluar kota jarang ada tempat menginap. Bawa tenda yang praktis agar mempermudah kalian saat ngebuatnya, dan pastikan kalian paham cara ngebuat tenda tersebut.
  2. Sleeping bag. Ini berguna sebagai alas sekaligus selimut saat kalian tidur.
  3. Makanan cepat saji seperti makanan kaleng atau mie instan.
  4. Kompor kecil. Kemanapun destinasi kalian, kompor kecil sangat berguna. Untuk membuat air panas, membuat makanan cepat saji seperti mie, dan lain sebagainya.
  5. Alat masak dapur. Sebaiknya membawa ceret, panci, dan alat makan.

Barang-barang penting lainnya seperti, jas hujan, sepatu yang cocok di medan tempat kalian pergi, cairan pembersih tangan, dan obat-obatan.

Nah, itu beberapa tips yang bisa gue kasih ke kalian, semoga blog ini membantu kalian ya dan selamat jalan-jalan!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s