Persiapan Ke Korea

Annyeonghaseyo nae chingu 😀 gue mau bilang “halo teman-temanku” dalam bahasa korea, tolong koreksi, bener atau salah ya itu? Haha. Anyway my friends, blog kali ini gue mau ngajak kalian jalan-jalan keeee Korea yeaaay! Ya ngga jalan juga siiih, capek kalo jalan *receh. Blog ini teruntuk kalian semua yang mau banget jalan-jalan ke Korea. Korea Selatan ya guys jangan Korea Utara haha. Wow Korea, siapa yang gamau ke Korea? Apalagi nih ya gue sering liat, ABG zaman sekarang apa-apa Korea. Kayak “Korea addict“ gituu. Mulai dari skincare, pacar idaman, drama series, sampe lagu kesukaannya juga dari Korea, bahkan ada beberapa ABG Indonesia yang saat galau, nangis denger lagu Korea. Pertanyaan gue cuma satu, “hemangnya ngartiiii?” haha becanda. Jangan serius-serius ah, belum tentu dinikahin :p

Nah, sebelum kalian ke Korea, ada beberapa persiapan yang harus kalian lakukan beberapa minggu sebelum berangkat ya guys.

timothy-ries-195506.jpg

  1. Siapkan passport dan visa kalian. Kalo kalian belum punya passport kalian harus ke kantor imigrasi untuk mengurusnya ya. Waktu itu sih gue ngurus passport biasa di kantor Imigrasi di Kota, deket Café Batavia. Pembuatannya sekitar 1 minggu dan dikenakan biaya sekitar 350.000 Rupiah. Kenapa tadi gue bilang passport biasa? Karena ada lagi yang namanya e-passport, yang harganya lebih mahal, tapi gue kurang tau kelebihannya apa hehe. Setelah mengurus passport, kalian harus mengurus pembuatan Visa di Kedutaan Besar Korea. Surat-surat yang harus kalian bawa saat mengurus Visa antara lain KTP, passport, surat keterangan mahasiswa aktif (bila kalian masih kuliah/sekolah), surat izin orang tua (kalo kalian pergi ke Korea ngga sama orang tua), dan masih banyak lagi, kalian bisa googling tentang hal tersebut. Biaya untuk pembuatan Visa sekitar 700.000 Rupiah.
  1. Tukarkan uang Rupiah kalian menjadi Korea Won (KRW). Won adalah mata uang di Korea. Baru aja gue cek, sekarang 1 KRW sama dengan 11.70 Rupiah. Yes. 11.70 Perak. Jadi kalo 1000 KRW itu 11.696 Rupiah. Jangan sampe kalian lupa nukar uang kalian sebelum berangkat ya. Setelah itu, kalian harus cari tau berapa biaya sekali makan disana, transportasi apa yang akan kalian pakai saat disana dan berapa biayanya, penginapan mana yang akan kalian tempati saat disana dan berapa biayanya, dan kalian juga harus menyisihkan uang untuk kejadian-kejadian yang tidak terduga, just in case. Dengan mencari tau tentang itu semua, kalian jadi tau berapa banyak uang yang harus kalian bawa. Keluarkan uang dengan bijak ya guys.
  1. Rencanakan kalian mau berapa lama di Korea. Pasti kalian mau ke Korea untuk foto-foto di tempat wisata dan belanja kaaan? 10 hari waktu yang sedang untuk jalan-jalan sekaligus belanja. Kalian juga harus tau di Korea lagi musim apa guys, itu penting. Gamungkin kan kalian udah bawa celana gemes, ternyata pas sampe sana lagi badai salju? Aduh salah kostum haha. Jadi persiapkan juga outfit of the day kalian dengan baik, sesuaikan sama musim di Korea saat kalian mau kesana. Saat musim dingin, suhu di Korea bisa mencapai minus 13 derajat celcius. Ruarbyasyah bukan? Haha. Pastikan juga kesehatan kalian sedang fit-fitnya ya guys. Musim yang direkomendasikan untuk jalan-jalan kesana sekitar bulan April dan Juni, which is sedang musim semi (spring). Selain itu, jangan lupa untuk pesan kamar murah atau hotel murah, cari dari jauh-jauh hari biar ngga kehabisan.
  1. Ganti sim card kalian. Ini demi kemudahan dan kelancaran kalian jalan-jalan disana. Jaringan WiFi disana memang termasuk salah satu tercepat di dunia, namun kalian gamau dong hanya stuck di satu tempat buat nikmatin WiFinya yang kenceng. Sooo, kalian butuh sim card baru. Manfaatnya banyak, googling tempat yang ingin dikunjungin, ngehubungin mama papa teman pacar selingkuhan atau mantan, dan yang paling penting adalah posting hua ha ha. Salah satu sim card yang terkenal di Korea Selatan ialah EG Sim Card. Harganya sekitar 300.000 Rupiah, dan hanya dapat dipakai saat kalian berlibur disana.
  1. Yang terakhir, bahasa. Udah pasti masyarakat disana menggunakan bahasa Korea. Hanya sedikit masyarakat Korea yang mengerti bahasa Inggris, dan jangan berharap mereka mengerti bahasa Indonesia ya guys. Mungkin kalian bisa sedikit belajar bahasa Korea, untuk pertanyaan-pertanyaan umum. Kalo kalian masih tetap kebingungan “ini orang ngomong sih?” haha, kalian pake google translate aja ya mehehe.

timothy-ries-195501

Semoga lima persiapan diatas dapat membantu kalian mempersiapkan diri kalian sebelum berangkat ke Korea ya guys. Thank you for reading! Have a good day : )

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s