Cantiknya Banyuwangi

Kalo selama ini kalian cuma tau tempat-tempat wisata di Jawa cuma ada di Jogja, Bandung, Semarang, dan Malang, wah sayang banget. Kalian pasti lupa kalo Banyuwangi juga bagian dari Jawa. Atau jangan-jangan kalian gatau Banyuwangi dimana dan baru denger? Hihi.

Dilansir dari Wikipedia, Kabupaten Banyuwangi adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Ibu kotanya adalah Kota Banyuwangi. Kabupaten ini terletak di ujung paling timur pulau Jawa, di kawasan Tapal Kuda, dan berbatasan dengan Kabupaten Situbondo di Utara, Selat Bali di Timur, Samudra Hindia di Selatan serta Kabupaten Jember dan Kabupaten Bondowoso di Barat.

Sedihnya ialah, dahulu Kab. Banyuwangi dikenal sebagai kota santet. Miris banget ngga sih guys? Ngga hanya kota santet, tapi juga dikenal sebagai kota terkotor nomor satu di Jawa Timur. Lalu singkat cerita pasangan Abdullah Azwar Anas – Yusuf Widiatmoko memutar otak untuk mengubah Banyuwangi menjadi kota wisata yang digemari para wisatawan dalam maupun luar negeri.

Blog kali ini gue mau ngasih list untuk kalian yang siapa tau setelah baca blog ini, jadi ada yang mau explore Banyuwangi hihi.

  1. Jawatan Benculuk

Tempat wisata ini memiliki pesona alamnya yang sungguh menenangkan hati saat melihatnya. Kalau kalian pernah nonton film “Alice In Wonderland” kalian akan mengira Wonderland itu tempat yang nyata karena kemiripannya dengan tempat wisata di Banyuwangi ini. Pohon yang tumbuh disini bernama Pohon Trembesi. Pohon Trembesi memiliki batang yang sangat besar-besar, dan biasanya umur pohon tersebut sudah puluhan tahun. Pohon yang besar-besar ini menghalangi sinar matahari masuk, jadi meskipun siang hari yang panas banget, ngga terasa karena pohon trebesi ini seperti payung raksasa yang sekaligus membuat mata dan hati jadi adeeem melihatnya. Tempat ini cocok untuk piknik, hunting foto, foto prewedding, berkeliling naik sepeda, dan semacamnya. Letaknya ada di Desa Benculuk, Kecamatan Cluring. Biaya masuknya? GRATIS 😀

Jawatan-Benculuk-Banyuwangi-11

Source: Google.com

  1. Gunung Raung

Buat kalian yang suka tempat wisata yang memacu adrenalin, kalian wajib kesini. Gunung Raung. Berlokasi di ujung Timur Pulau Jawa. Gunung Raung adalah sebuah gunung yang besar dan unik, yang berbeda dari ciri gunung pada umumnva di pulau Jawa ini. Keunikan dari Puncak Gunung Raung adalah kalderanya yang berbentuk elips dengan kedalaman sekitar 500 meter dalamnya, yang selalu berasap dan sering menyemburkan api dan terdapat kerucut setinggi kurang lebih 100 meter. Gunung Raung termasuk gunung tua dengan kaldera di puncaknya dan dikitari oleh banyak puncak kecil, menjadikan pemandangannya benar-benar menakjubkan.

raung

Source: Google.com

  1. Taman Nasional Baluran

Kayaknya banyak ya yang udah tau tentang tempat wisata satu ini. Taman Nasional Baluran sering menjadi sorotan wisatawan-wisatawan, dikenal dengan sebutan “Africa Van Java”. Ada banyak destinasi di taman nasional ini, dari Savana Bekol, Evergreen Forest, Goa Jepang, Sumur Tua, Batu Numpuk, Pantai Bama, dan masih banyak lagi. Seperti julukannya “Afrika Van Java”, kalian gausa jauh-jauh ke Afrika buat main sama satwa liar dan liat padang savana. Di Taman Nasional Baluran juga ada, pokonya ngga berasa di Indonesia deh hihi. Terdapat sekitar 444 jenis tumbuhan, 155 spesies burung dan 26 jenis satwa yang tinggal di kawasan ini, antara lain kijang, rusa, kerbau liar, macan tutul, dan masih banyak lagi. Agak ngeri tapi penasaran gitu ya hehehe.

taman-nasional-baluran-jawa-timurTaman-Nasional-Baluran

Source: Google.com

  1. Waduk Bajulmati Situbondo

Waduk Bajulmati sering disebut sebagai mini Raja Ampat. Jika melihat foto di atas, mungkin kalian menyangka jika itu adalah Raja Ampat, Papua Barat. Bukan! Itu adalah salah satu lokasi genangan air di Waduk Bajulmati, Kecamatan Wongsorejo, Banyuwangi. Lokasi ini merupakan spot selfie favorit bagi wisatawan yang ingin melihat waduk yang baru kece ini. Bukit-bukit yang tergenang air itu memang mirip dengan Wayag di Raja Ampat. Selain untuk tempat wisata sebenarnya waduk ini memiliki manfaat khusus yaitu sebagai penyedia air irigasi untuk menunjang intensifikasi dan ekstensifikasi pertanian seluas 1.800 ha. 1.400 ha ada di Kabupaten Banyuwangi dan 400 ha di Kabupaten Situbondo. Untuk masuk kesini kalian dipungut biaya kendaraan saja, 5.000 Rupiah untuk motor dan 10.000 Rupiah untuk mobil. Jadi gausa jauh-jauh ke Raja ampat ya guys hihi.

waduk bajulmati 2

Source: Google.com

Gimana? Bagus-bagus banget kan tempat wisata di Banyuwangi? Makin banyak deh list tempat wisata di Indonesia yang kalian punya. Semoga blog ini berguna buat kalian ya. Have a nice weekend! 😀

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s