Tips Snorkeling

Liburan akhir semester sebentar lagi nih udah ada rencana kemana? Libur akhir semester biasanya memiliki waktu yang panjaaang banget, pergi yang jauh-jauh enak kali ya hehe. Buat kalian yang berkesempatan berlibur ke pantai, kurang nikmat rasanya kalo ngga snorkeling. Iya snorkeling, cara yang asik dan menyenangkan buat nikmatin pemandangan di bawah laut. Pasti masih banyak kan di antara kalian yang belum tau caranya snorkeling? Atau bahkan takut? Hihi. Untuk itu, gue akan ngasih beberapa tips snorkeling, sooo jangan lewatkan blog ini ya 😀

Fort-lauderdale-Snorkeling-Tour-Snorkel-South-Florida-Pompano-Beach

Source: Google.com

  1. Pertama-tama kalian harus mengetahui peralatan apa saja yang kalian butuhkan saat snorkeling dan mengeceknya apakah peralatan tersebut masih berfungsi dengan baik atau tidak. Peralatan yang kalian butuhkan saat snorkeling antara lain:
  • Masker : Kegunaannya untuk melindungi sebagian wajah terutama mata dan hidung dari air laut.
  • Snorkel : Snorkel terdapat 2 bagian yaitu selang udara dan pelindung mulut.
  • Kaki Katak : Berbentuk seperti sepatu panjang mirip kaki katak. Berguna untuk mendorong kaki kita saat berenang.
  • Pelampung : Pelampung tidak wajib, namun ada beberapa lokasi snorkeling yang mengharuskan kalian untuk memakai pelampung untuk alasan keselamatan.

alat-snorkeling-jakarta-traveller-explore-indonesia.jpg

Source: Google.com

2. Setelah peralatan sudah siap, lebih baik kalian latihan terlebih dahulu. Cari tempat yang tidak terlalu dalam dan aman untuk berlatih, bila perlu kalian bisa coba di kolam renang terlebih dahulu sebelum terjun ke lautan. Lalu biasakan diri kalian bernafas dengan snorkel, itu akan mempermudah kegiatan snorkeling kalian nanti biar ngga kagok hehe.

sNORKEL sET 3.jpg

Source: Google.com

3. Saat terjun di lautan pastikan kalian tetap bersama gerombolan kalian, jangan sampai terpisah dengan yang lain saking asiknya menikmati keindahan bawah laut.

4. Jangan kaget ataupun panik bila ada air laut yang masuk ke dalam snorkel, ini hal yang wajar. Cara membersihkannya sangat mudah, hanya dengan tarik nafas panjang lalu tiup kuat sehingga air laut keluar dari dalam snorkel. Lalu lanjutkan lagi kegiatan snorkeling kalian.

5. Kalau kalian masih terus mau melihat keindahan bawah laut, hindari menyakiti ataupun merusak biota dalam laut ya guys. Kita harus menjaga kelestarian dalam maupun di luar lautan, agar anak dan cucu kita dapat juga menikmati keindahannya.

Snorkel-in-Cancun.jpg

1600x765-kuredu-snorkeling-gallery-2

Source: Google.com

Setelah tau tips-tips di atas semoga snorkeling kalian lancar ya pas liburannya nanti hihi. Hmm tempat wisata Indonesia yang indah banget buat snorkeling antara lain Raja Ampat, Wakatobi (Sulawesi Tenggara), dan Pink Beach (Nusa Tenggara Timur). Jangan lupa cari tiket pesawat murah di Via.com dari jauh-jauh hari supaya sehabis liburan isi dompet ngga kosong-kosong amat 😀

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s