3 Manfaat Solo Travel

Hai guys, kali ini gue mau sharing soal solo travel. Bukan jalan-jalan ke kota Solo ya hehehe, tapi lebih tepatnya traveling atau jalan-jalan sendirian. Hmmm sendirian? Yap cuma kamu aja; ngga sama mama, papa, adek, temen, pacar, atau gebetan yang ngga peka-peka *eh. Keliatannya sih emang bakal ngebosenin, tapi sebenernya ngga juga kok. Malah, solo travel ini punya manfaatnya juga loh (pengalaman pribadi ceritanya nih)So, apa aja tuh keuntungan melakukan solo travel?

Lebih “bebas” nentuin itinerary

cheering woman hiker open arms at mountain peak
Source: Belambra

Traveling rame-rame bareng temen emang pastinya seru banget. Tapi, pernah ngga sih lo malah jadi ngerasa ngga bebas pas nentuin mau kemana aja di destinasi wisata kalian nanti? Misalnya, lo mau datengin tempat-tempat outdoor kayak goa, atau air terjun yang lokasinya cukup ekstrim buat dicapai. Nah, terus ada temen lo yang ngga bisa atau bahkan ngga mau kesitu dengan sejutaaa alesannya. Yah dengan berat hati lo musti ngurungin niat lo itu deh, sebel kan?

Lain halnya kalo lo pergi jalan-jalan sendirian. Lo bisa bebas merdeka buat nentuin mau kemana aja; ke gua, air terjun, hutan belantara semuanya bisa lo kunjungin tanpa ada intervensi dari pihak manapun *tsaah.

 

Ketemu orang-orang baru

3.jpg
Source: Hostel World

Dari pengalaman gue waktu melakukan solo travel, kenal sama orang-orang baru jadi hal yang nyenengin banget. Mulai dari di pesawat aja gue udah ngobrol-ngobrol sama orang yang duduk di sebelah gue, trus waktu di destinasi wisata gue kenalan lagi sama turis-turis lainnya (soalnya gue nginep di hotel khusus backpacker yang satu kamar ada kasur banyak dan bisa diisi 5 orang). Sampe supir taksi juga gue ajak kenalan hehehe. Nah, lo juga bisa kayak gitu pastinya. Situasi kita yang sendirian, di suatu tempat yang mungkin masih asing, kadang mengharuskan kita buat berinteraksi sama orang lain yang belum kita kenal supaya kegiatan traveling kita bisa berjalan lancar. Tapi justru itu bakal ngasih keuntungan buat lo. Siapa tau suatu saat lo berwisata ke tempat itu lagi, seenggaknya udah ada temen yang siap menyambut dan nemenin lo selama disana. Atau kalo lo lagi beruntung, bisa ketemu jodoh mungkin? hahaha.

Melatih Keberanian

1
Source: Huffington Post

Melakukan solo travel kalo bagi gue sendiri secara ngga langsung melatih keberanian. Kenapa? Nih, ketika lo jalan-jalan ke suatu tempat rame-rame sama temen-temen atau siapapun, pastinya kita jadi bergantung satu sama lain. Ngga tau jalan dan lo takut nanya sama orang, lo suruh deh temen lo buat nanya ke orang itu. Tapi kalo lo pergi sendirian? Takut bertanya ngga bisa pulang ke hotel deh lo, hahaha.

Waktu kemaren gue solo traveling ke Singapore, unexpectedly gue sempet ditahan selama hampir 1 jam sama pihak imigrasi bandara gak tau apa alasannya (disangka TKW gelap kali ya, huhuhu). Plis, itu pertama kalinya gue kesana dan langsung digituin. Takut? Yaiyalah. Tapi mau gimana lagi? Gak ada mama, papa dan temen yang bisa bantuin gue. Gue harus hadapin sendiri mas-mas imigrasi Singapore itu dan ngejelasin seyakin-yakinnya apa tujuan gue dateng kesana. Akhirnya gue pun berhasil ngeyakinin hatinya dia *ups (ngeyakinin mas-mas imigrasinya maksudnya) dan diijinin masuk ke wilayah negara kecil ini. Nah, ini juga salah satu contoh gimana solo travel bisa ngelatih keberanian gue, dan tentunya buat lo juga nantinya.

Itu dia guys sekilas keuntungan melakukan solo travel yang bisa lo dapet. Ngga usah ragu dan takut, you’ll enjoy it for sure. Gimana, udah tentuin destinasi wisata buat solo travel lo?

 

Leave a Reply

