Tips Liburan Murah ke Jepang

Halo semuanyaaa!!

Di postingan kali ini, gue mau berbagi tips liburan murah ke Jepang buat kalian yang pengen kesana. Hmmm, negaranya Doraemon ini emang jadi salah satu primadona wisata buat para travelers dari seluruh dunia. Nuansa modern bercampur budaya tradisional yang masih kental pastinya bakal ngasih sensasi yang delightful dan ngga terlupakan.

301.jpg
Source: Google

Tapi ya itu, kita semua juga tau dong kalo budget buat liburan kesana itu mahaaal! Yap, sebagai salah satu negara dengan biaya hidup yang tinggi (10 ribu yen atau 1 juta per hari!), ongkos buat makan, naik bus, kereta bisa banget ngeringin dompet lo dalam waktu singkat. Belum lagi tiket pesawat buat kesananya, huffft. Eits, jangan berkecil hati. Kayak yang udah gue jelasin tadi, disini gue mau ngasih tips gimana caranya biar lo tetep bisa liburan ke Jepang tapi ngga ngabis-ngabisin uang lo banget. So, check this out!

1. Cari Tiket Pesawat Promo

300
Source: Google

Ini yang pasti pertama kali dilakukan sebelum berangkat ke Jepang. Yaiyalah, mau kesana pake apa, karpet terbang? Wkwk. Fyi, Harga tiket pesawat PP ke Jepang itu bisa sampe 11 jutaan loh, bahkan lebih. Pastinya ngga banget kan buat lo yang mau backpacker-an kesana? Nah, karena jumlah wisatawan yang pengen traveling ke Jepang makin nambah,  maskapai-maskapai sekarang banyak yang berusaha menarik hati para wisatawan tersebut dengan nawarin tiket promo yang harganya lebih bersahabat alias murah. Tapi namanya juga tiket promo, lo ngga bisa dapetin atau beli secara dadakan *tahu bulat kali dadakan*. Means, udah musti hunting tiketnya dari jauh-jauh hari, karena emang tiket promo itu biasanya berlaku buat penerbangan beberapa bulan kemudian. Kalo sukses, lo bisa dapetin tiket PP dibawah 10 juta rupiah! So, rajin-rajin ngecek situs-situs travel online kayak traveloka, sama pegipegi. Atau di via.com kemaren gue liat ada promo tiket PP Japan Airlines gitu.

 

Satu hal lagi yang musti kalian tau, Jepang rame sama wisatawan pada waktu Haru (musim semi) dan Natsu (musim panas). Harga tiket pesawat di waktu-waktu tersebut pastinya lebih mahal dibandingin saat Fuyu (musim dingin). Makanya, gue saranin lo jalan-jalan ke Jepangnya pas lagi fuyu aja. Ya walaupun lo ngga bisa nikmatin cantiknya bunga sakura yang baru bermekaran, tapi kan lo bisa ngerasain sensasi salju yang ngga bisa lo dapetin di Indonesia kecuali di gunung Jaya Wijaya Papua, iya kan?

2. Visa

303.jpg
Source: Google

Agar bisa masuk ke wilayah negaranya, pemerintah Jepang masih mewajibkan para wisatawan asing untuk mengajukan visa kunjungan. Tapi, prosedurnya ngga susah kok,  lo cuma perlu datang langsung ke Kedutaan Besar Jepang yang ada di Jl. M.H. Thamrin No. 24, Jakarta Pusat atau tepat di sebelah Plaza Indonesia. Biaya pembuatan visanya sebesar 330 ribu rupiah. Anyway, kalo paspor lo sudah e-paspor malah lebih bagus lagi soalnya lo bisa menikmati fasilitas bebas visa alias tinggal langsung isi formulir bebas visanya, trus tinggal bawa paspor lo aja deh ke Jepangnya, lebih hemat kan? Makanya usahain paspor lo udah e-paspor ya guys!

3. Cari Penginapan Murah

304
Source: Google

Hal selanjutnya yang bisa lo siasati supaya bisa menghemat budget saat liburan ke Jepang adalah cari penginapan murah. Yap, penginapan tentunya musti lo pikirin dong. Abis jalan-jalan seharian, mau istirahat dimana coba? Nah, tempat menginap di Jepang juga ngga semuanya mahal kok, bahkan di Tokyo sekalipun. Lo bisa nemuin guesthouse atau hostel yang nawarin harga murah sekitar 2.000 yen atau 230 ribu rupiah per malamnya. Fasilitasnya juga udah cukup lengkap kok kayak ac, air panas sama Wifi. Yang jelas, usahain guesthouse atau hostel yang mau lo tempatin lokasinya deket ke stasiun kereta, halte bus dan tempat-tempat wisata yang mau lo datengin biar ongkosnya lebih irit.

4. Transportasi Murah

305.jpg
Source: Google

Sebagai negara maju, Jepang punya sistem transportasi yang bagus banget. Semuanya serba cepet dan terintegrasi. Kereta, bus, taksi semuanya siap nganterin lo semua berkeliling kota. Tapi, karena disini kita mau liburan hemat, gue ngga nyaranin lo buat naik taksi soalnya tarifnya mahal banget. Buka pintu aja langsung 710 yen atau sekitar 75 ribu rupiah!

Buat menyiasati supaya budget transportasi lo ngga hedon-hedon banget, lo harus tentuin dulu kemana aja tujuan lo nanti selama di Jepang, dan berapa lama lo disana. Soalnya sistem tiket transportasi kayak kereta gitu bisa harian atau mingguan gitu guys. Kalo lo pengen eksplorasi ke semua wilayah Jepang, beli tiket JR Pass untuk 7 hari seharga 29.000 yen atau sekitar 3,2 juta rupiah kayaknya worth it deh. Secara, selama seminggu itu lo bebas tanpa batas naik-turun kereta apapun di jaringan kereta yang ada di Jepang, termasuk kereta Shinkansen yang terkenal itu. Lo juga bisa manfaatin tiket terusan kereta lokal seharga 1.580 yen untuk satu hari (Tokyo Free Kippu) dan 11.580 yen atau sekitar 1,5 juta rupiah untuk durasi 5 hari (Seishun 18 Kippu). Ngga pengen keliling-keliling jauh? Lo bisa beli tiket regional pass. Fungsinya sama kayak JR Pass tapi cuma bisa dipake di satu daerah aja. Membeli tiket langsung di stasiun juga bisa lo jadiin pilihan kalo ngga akan terlalu sering menggunakan kereta. Yaa diitung-itung, dalam sehari lo bisa menghabiskan sekitar 1000 yen deh kalo mau pake cara ini.

5. Makanan Murah di Konbini

306.jpg
Source: Google

Kalo cuma buat ngenyangin perut, lo ngga perlu ke kedai makan atau restoran yang pastinya mahal. Yaa walaupun kadang ada restoran yang punya konsep serta menu makanan yang unik, but who cares? Yang penting kenyang, hahaha. Nah, lo bisa pergi ke Konbini atau convenient store kayak Family Mart gitu. Disitu lo bisa dapetin makanan instan mulai dari onigiri, salad dan bento. Tinggal dipanasin di microwave yang disediaiin, lo udah bisa ngerasain makanan yang ngga kalah enak sama yang di restoran. Dan yang paling penting harganya murah. Satu buah onigiri dihargai 100 yen atau sekitar 11 ribu rupiah, kalo bento sekitar 300 yen atau 35 ribu rupiah. Murah kan?

307.jpg
Source: Google

Atau, kalo lo mau makan sushi tapi murah, ada yang namanya Kaiten Sushi. Harga satu porsinya sekitar 100-300 yen aja. Selain itu, ada juga sebuah tempat makan yang bernama Sukiya. Disini lo bisa cobain nasi kari murah seharga 680 yen atau sekitar 76 ribu rupiah. Oh iya, jangan lupa cobain juga street food ala Jepang kayak oden, takoyaki, tempura, karage dan okonomiyaki yang pastinya dijual dengan harga yang ngga nguras kantong lo. Yumm!

6. Belanja Murah

308.jpg
Source: Google

Nah, ini dia nih. Ngga bisa ditolak, pasti ke Jepang ada yang mau dibeli dong? Entah itu buat oleh-oleh atau buat kebutuhan kita sendiri. Walaupun Jepang merupakan negara ‘mahal’, lo juga masih bisa nemuin kok tempat-tempat belanja yang ngga nguras kantong terlalu dalem. Contohnya Daiso, Can Do, Seria, sama Silk. Di tempat-tempat ini lo bisa beli berbagai macam souvenir dengan harga 100 yen aja. Shopping center kayak Aeon dan Ito-Yokado juga bisa lo datengin kalo mau belanja-belanja murah.

Oh iya, yang juga menarik itu toko-toko fashion kayak H&M, Uniqlo atau Zara malah menawarkan harga yang lebih murah kalo dibandingin sama toko-toko street fashion di Jepang loh, hahaha.

Oke guys itu dia sedikit tips liburan murah ke Jepang dari gue. Yaa lo itung-itung sendiri deh tuh kira-kira berapa budget yang musti lo siapin buat kesana, hahaha. Ready to go?

Ojama shimashita, mata itsuka aimshou…..

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s