5 Rekomendasi Tempat Makan Khas Betawi

Halo semua, apa kabar?

Balik ke ibukota Jakarta dulu yuk, hehehe. Di posting-an kali ini, aku mau ngajakin kalian buat berburu kuliner khas Betawi  nih. Yap, kalian pastinya udah tau dong kalo banyak makanan khas Betawi yang hits dan dari segi rasa pun udah cocok sama lidah kita. Sebut aja nasi uduk, soto Betawi, gado-gado, ketoprak, asinan, dan kerak telor *hmmm jadi laper*.

Anyway, buat kamu yang tinggal di Jakarta atau lagi jalan-jalan ke Jakarta, 5 rekomendasi tempat makan khas Betawi berikut ini bisa kamu cobain nih guys! Orisinalitas rasa yang ngga perlu diraguin lagi ditambah harganya yang bersahabat sama  dompet kayaknya bakal sayang banget buat kamu lewatin. So, check these out!

1. Nasi uduk Kebon Kacang Zainal Fanani

Daerah Kebon Kacang di Jakarta Pusat emang udah lama terkenal sama nasi uduknya guys. Kalo kamu kesini, maka kamu akan melihat banyak jajaran penjual nasi uduk. Tapi untuk urusan orisinalitas, ngga ada yang bisa nandingin kedai yang satu ini. Pertama kali dibuka pada tahun 1967, adalah bapak Abdul Hamid Toha yang jadi pendirinya, sampai kemudian kini diterusin sama anaknya yakni pak Zainal Fanani (harianbernas.com). Kedai nasi uduk Kebon Kacang Zainal Fanani yang beralamat di Jalan Kebon Kacang VIII no. 5 ini menawarkan gurihnya nasi uduk ditambah lauk seperti ayam goreng yang kemudian dibungkus daun pisang pastinya bikin kamu ketagihan deh. Untuk harga, sebagaimana dilansir oleh situs zomato, sekitar 30 ribu rupiah aja yang musti kamu keluarin buat mencicipi lezatnya nasi uduk ini plus lauk-lauknya, nyaam….

600.jpg
Source: Google

2. Soto Betawi Haji Husen

Makanan khas Betawi ini juga ngga kalah hitsnya sama nasi uduk. Yap, soto Betawi. Siapa coba yang ngga tau makanan berkuah santan dengan irisan daging di dalamnya plus tambahan kerupuk emping yang pastinya maknyussss hehehe. Nah ngomong-ngomong soal kedai Soto Betawi enak, coba kamu dateng ke daerah Padang Panjang, Manggarai, Jakarta Selatan. Disitu ada kedai soto Betawi yang namanya udah tersohor di area Jakarta. Sesuai namanya, kedai ini emang digagas oleh pak Haji Husen. Beralamat di Jalan Padang Panjang no. 6c, kedai ini selalu terlihat ramai oleh pengunjung yang ingin mencicipi kelezatan soto Betawinya. Pada jam-jam istirahat makan siang, banyak karyawan kantor yang memilih untuk makan disini guys. Ada baikya kalo kamu juga cobain dong, hehe. Satu porsi soto Betawi dihargai mulai dari 21.000 sampai 28.000 ribu rupiah, hemat kan? Soto Betawi Haji Husen buka setiap hari kecuali hari Jumat dari jam 7 pagi sampai 5 sore.

601.jpg
Source: Google

3. Gado-gado Cemara

Selain nasi uduk dan soto Betawi, satu hal yang menjadi kuliner khas Betawi adalah Gado-gado. Makanan yang terdiri dari lontong, sayuran dan disiram pake bumbu kacang ini gampang banget ditemuin guys. Dari mulai gerobakan di pinggir-pinggir jalan sampai restoran sekalipun. Nah, kalo kamu mau cari gado-gado yang udah ngga perlu diraguin lagi kualitas rasanya, Cari yang namanya Gado-gado Cemara. Tempat makan yang satu ini bisa aku bilang gitu karena emang di dunia pergado-gadoan *halah*, Gado-gado Cemara bisa dibilang udah berpengalaman banget karena udah berdiri sejak tahun 1947! Bener aja, perpaduan lontong, sayur, sama bumbu kacangnya harmonis; beda sama gado-gado yang pernah aku cobain sebelumnya. Satu porsi gado-gado sendiri dihargai sekitar 35 ribu rupiah. Selain gado-gado, restoran yang dulunya terletak di Jalan Cemara, Menteng dan kini berada di Jalan Tanah Abang 5 no. 36 serta punya cabang di Setiabudi One ini punya beberapa pilihan menu lainnya seperti gule kambing, sop buntut dan sate ayam.

602.jpg
Source: Google

4. Ketupat Sayur Haji Mahmud

“Bukan orang Betawi kalo pas lebaran ngga ada ketupat ngegantung sama sayur pepaya  di penggorengan”, kira-kira gitu bunyi guyonan yang nunjukkin kalo emang makanan yang satu ini udah jadi semacam identitas budaya Betawi. Ketupat sayur. Yap, makanan yang bagi sebagian besar orang Indonesia “wajib” dihadirkan di momen Lebaran, bahkan orang non-Betawi sekalipun, awalnya ya berasal dari tanah si Pitung ini guys. Ketupat sayur juga gampang banget buat ditemuin, mulai dari rumah-rumah warga yang sengaja berjualan nih makanan, sampai kedai-kedai yang khusus menjual ketupat sayur. Aku sendiri suka makan lontong sayur buat sarapan sebelum beraktivitas. Potongan lontong yang disiram sama kuah sayur pepaya ditambah kerupuk emang seger banget sih, nyaamm..

Nah, diantara banyak kedai yang menjual ketupat sayur, nama Haji mahmud digadang-gadang sebagai penjual ketupat sayur termaknyus di Jakarta. Beralamat di Jalan Kebayoran Lama Pal 7 no. 35, Jakarta Selatan, Ketupat Sayur milik Haji Mahmud atau Babe Mahmud (begitu deh biasanya orang-orang nyebutnya) emang punya reputasi bagus di dunia ketupat sayur *halah*. Paduan sayur pepaya dengan bumbu khasnya, lontong, dan lauk pelengkap kayak empal dan pindang bandeng dijamin bikin kamu pengen bolak-balik makan disini terus, hehehe. Untuk bisa mencicipi kelezatan ketupat sayur Haji Mahmud yang udah berdiri sejak tahun 1960-an dan kini diterusin sama anak cucu beliau, kamu cuma perlu merogoh kocek mulai dari 10 ribu -20 ribu rupiah aja loh guys! Let’s get here.

603.jpg
Source: Google

5. Warung Betawi Haji Muhayar

Rekomendasi tempat makan khas Betawi yang terakhir yakni Warung Betawi Haji Muhayar. Kedai ini beralamat di Jalan Margasatwa no. 8, Jati Padang, Jakarta Selatan. Sesuai dengan namanya, menu yang ada disini merupakan menu khas Betawi seperti sayur asem, pepes ikan, ayam goreng, yang dipadukan dengan petai, lalapan dan tentu aja sambel terasi. Fyi, Ikan sambel pecak merupakan primadona disini. Sambel pecak yang terbuat dari campuran cabai, bawang merah, bawang putih, jahe, dan kunyit ini merupakan bumbu khas Betawi yang keberadaannya saat ini bisa dibilang langka, dan Warung Betawi Haji Muhayar jadi salah satu dari sedikit kedai yang masih melestarikannya. Sama seperti 4 tempat makan rekomendasi aku sebelumnya, warung ini juga hits di kalangan pecinta kuliner Betawi. Ngga heran, Warung Betawi Haji Muhayar selalu ramai dikunjungi, biarpun tempatnya kecil dan sederhana. Kamu harus cobain juga kesini guys.

604.jpg
Source: Google

Nah itu dia 5 rekomendasi tempat makan khas Betawi yang bisa kamu datengin. Pastinya masih banyak lagi tempat-tempat makan khas Betawi yang ngga kalah maknyusnya, and I’ll tell you later of course. So, ajak keluarga, temen, pacar, atau gebetan  asik juga tuh. Buat kamu yang diluar Jakarta, rencanain juga dong buat main kesini dan wisata kuliner di tempat-tempat tadi. Bingung cari tiket pesawat murah sama kamar hotel dengan harga murah juga? Coba cek via.com deh. Aku suka pesen disitu karena banyak promonya, hehehe.

See you on the next post!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s