Pedas Tapi Nagih! Ini Dia Sambal Khas Nusantara

Doyan sambal? Pastinya suka banget kan apalagi dengan pedasnya yang nampol abis, sebagai surganya kuliner Indonesia baik dari Sabang sampai Merauke . Sambal tidak dapat lepas dari tradisi kuliner sebagai pelengkap cita rasa menggunakan resep khas berbagai daerah  yang dibuat sedemikian rupa sesuai dengan lidah masyarakatnya (setuju gak sih?Walaupun hanya sebagai pelengkap akan terasa kurang jika ga ada sambal). Bagi kamu yang pecinta pedas dengan berbagai tingkat kepedasan dari yang biasa hingga sangat pedas pastinya kamu gak mau ketinggalan dengan sensasi lidah yang terbakar menyicipi sambal pedas dan mantap. Karena saking pedasnya bikin kamu keringatan  hal tersebut seperti sebuah penyiksaan namun malah menjadi suatu candu yang meninggalkan kesan ketagihan.

Sambal kini banyak jenisnya diperkenalkan kepada konsumen dengan nama, bahan, hingga cara pembuatannya yang unik dan khas menjadi makanan yang dirindukan bagi siapapun termasuk kamu. Ngaku orang Indonesia dan doyan sambal? Ga afdol rasanya jika belum nyicipin sambal khas nusantara yang menggigit lidah yang gak pernah absen dan bakal bikin nafsu makan kamu jadi bertambah. Aku bakal kasih tau info referensi sambal mana yang akan menjadi favorit khusus buat kamu yang suka traveling dan kuliner, biar lebih jelas simak ulasan mengenai sambal pedas nusantara berikut ini.

Sambal Matah

ayam2bsuwir2bsambal2bmatah

Menghabiskan liburan di Bali dengan suasana pantai eksotis dan budaya mengundang banyak membuat siapapun jatuh cinta. Selain wisata liburan Bali juga memiliki kuliner dengan citarasa unik dan lezat yang banyak diburu oleh para pendatang, salah satunya sambal matah. Seperti hidangan salad, sambal khas Bali ini terbuat dari bahan baku bunga kecobrang dan kecicang yang dipadu dengan rempah tradisional seperti seperti bawang merah, bawang putih, rawit merah, batang serai, daun jeruk purut, dan jeruk nipis disajikan semi mentah dan tidak diulek yang disiram dengan minyak goreng panas dan perasan air jeruk.  Dalam keadaan mentah teman makan kamu yang satu ini bisa dinikmati sama gorengan, ikan, ayam goreng, seafood, dan masih banyak yang lainnya dengan taste pedas bercampur asam asin *dijamin bakal nagih deh sama pedasnya*. Sama seperti sambal dabu-dabu khas manado, bedanya terletak pada bentuk irisannya yang lebih tipis.  Recommended banget deh buat kamu guys yang suka sambal pedas, jika liburan di Bali jangan sampai ketinggalan sama lezat dan gurihnya sambal matah.

Sambal Roa

n0tuaih9ywav_24xx9ovre4ceegwgkuaag2_sambal-roa_landscapethumbnail_id

Manado ibukota dari Sulawesi Utara memiliki destinasi wisata dengan pesona alamnya yang tak kalah indah mampu menghibur siapapun yang berkunjung. Kota ini memiliki semboyan “Torang Samua Basudara” yang artinya kita semua adalah saudara , So kalau kamu berkunjung bersama dengan keluarag atau teman-teman akan disambut baik oleh warga manado yang ramah karena bagi mereka siapapun yang datang ke kotanya adalah saudara *so sweet*.  Manado juga memiliki kuliner yang akan memanjakan lidah kamu. Sambal Roa saah satu sambal khas Manado yang sudah tersoho di seluruh Indonesia wajib kamu coba jika berkunjung kesana, dibuat dengan menggunakan Ikan Roa asap kemudian dagingnya disuir dengan bumbu halus olahan diyakini memiliki citarasa pedas alias judes dan bakal melet sampe nasi terakhir *kebayang gak tuh*. Ikan ini banyak terdapat disekitar Manado dan tidak mudah ditemukan di daerah lain sehingga menjadi andalan sambal spesial di daerah ini. Menggunakan

Sambal Cibiuk

n0tuaih9ywav_rqxjdwioese260smawu6g_sambal-cibiuk_landscapethumbnailclean_id

Bagi warga sunda, sambal harus ada dalam menu makan sehari-hari baik pagi, siang, hingga malam hari. Sambal ini sangat unik ini merupakan favorit para pecinta pedas, berasal dari Garut, Jawa Barat berbahan mentah dan memiliki bentuk yang  kasar karena bahan-bahannya tidak teralu digerus terkenal sangat pedas tetapi nikmat *kalau kata orang the “Seuhah”. terbuat dari cabe rawit hijau dan cabe hijau dipadukan dengan tomat muda yang masih berwarna hijau dengan daun yang memiliki citarsa yang khas (daun kemangi). Jika kamu mudik/pulang kampung dari Jakarta ata Bandung ke Jawa Tengah atau Jawa Timur melewati jalur Selatan kamu akan melihat tulisan sambal cibiuk kalo penasaran silahkan mampir aja (bukan iklan kok) karena rasanya yang begitu ekstrim dengan semua bahannya yang mentah cocok buat kamu yang gila makanan pedas. Untuk mengetahui kenikmatan sambal ini kamu harus menyantap setelah disajikan karena jika dicicipi nanti rasanya tdak seperti yang baru disajikan.

Sambal Andaliman

d9a318fc6a7121ff50f42705be1d0e87

Medan adalah kawasan alam yang memiliki pesona alam paling indah hingga mancanegara salah satunya Danau Toba. Ikon wisata di Sumatera Utara ini terbentuk dari letusan gunung ribuan abad yang lalu telah menjadi menjadikan danau terbesar kedua setelah Danau Victoria di Afrika. Secara holistik, infrastruktur yang semakin modern telah berkontribusi terhadap kehidupan wisata disamping lapisan masyrakat yang heterogen. Orang Medan dan Suku Batak memiliki kuliner khas yang menjadi andalan yaitu Sambal Andaliman, citarasa yang begitu unik dari  rasa pedas bercampur dengan aroma jeruk menambah kenikmatan tersendiri dari sambal yang khas orang Batak. Menyantap sambal ini pas banget dinikmati bersama dengan ikan asin dan nasi yang hangat, akan semakin terasa sensasi bergetar dari sambal ini apabila dinikmati dengan sayur daun singkong. Dengan bentuknya yang seperti merica tapi warna hijau selalu dijadikan bumbu masakan tradisional masyarakat Batak. Pertama kali mencoba kamu akan seperti menolak hal itu dikarenakan karena bumbunya yang agak aneh namun lama-kelamaan akan makin suka dengan rasanya.

Sambal Belimbing

maxresdefault1

Nusa Tenggara Timur memiliki tempat menarik untuk berwisata menawarkan keindahan alama yang akan memanjakan mata siapapun dan bakal betah jika berada disana. Walaupun suasananya masih sepi dari hingar binger para pendatang menjadikan kwasan untuk liburan menjadi asik untuk dkunjungi. Kota di NTT juga memiliki sambal yang khas loh, yang tidak bisa kita pandang dengan sebelah mata. Buat kamu yang suka pedas, sambal belimbing wuluh wajib kamu cobain karena sensasi asam pedasnya akan bakal bikin keringat kamu ngucur. Segar dan sedikit asam dari sambal ini membuat kita akan ketagihan, apakah rasa enak? Untuk tau jawabannya kamu mencoba dulu sebelum ngejudge rasa. Selain bisa diolah sebagai sambal belimbing wuluh memiliki kandungan gizi yang dapat menyembuhkan berbagai penyakit seperti gigi, batuk hingga gejala diabetes.

 

Sebagian dari ulasan tetang sambal diatas merupakan sebagian dari jenis sambal khas nusantara yang aku rekomendasiin buat kamu, jadi mana sambal favorit kamu?. Suka traveling dan wisata kuliner bersama keluarga dan teman akan menjadi menyenangkan jika mendapatkan suasana dan pengalaman baru. Berlama-lama saat liburan sudah bukan menjadi sesuatu yang dikhawatrikan lagi karena sekarang fasilitas penginapan yang bisa kamu cari secara online baik melalui website maupun aplikasi travel.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s